1000 Gumuk Jember, Kini Nanti Tinggal Cerita

Kam, 26 Jan 2017 01:27 WIB

  Basis data Berita Foto Foto Hijau fotonovela

 lombafotonovelawartahijau lombafoto

joko

 

 

 

 

Berdasarkan hasil identifikasi tipografi, ternyata di seluruh dunia ini, keberadaan gumuk hanya terdapat di tiga tempat. Antara lain di dua negara yaitu Indonesia dan Jepang. Sementara di Indonesia ada dua, di Tasikmalaya dan Jember. Berbeda dengan Jember, ada beberapa sumber yang menyatakan keberadaan gumuk di Tasikmalaya sudah sulit ditemukan. Eksploitasi telah merenggut keberadaannya.

 

 

 

 

Di sisi lain tubuh gumuk mampu memecah angin. Hembusan angin kencang senantiasa tertahan karenanya. Kondisi geografis Jember yang langsung berbatasan dengan laut selatan dan berada di antara perbukitan. Tidak menutup kemungkinan berpotensi besar terhadap tingkah laku dari cuaca ekstrem berupa  angin tornado dan tsunami. Sehingga keberadaan gumuk menjadi benteng alam yang mampu meredam potensi bencana itu.

 

 

 

 

Akan tetapi seringkali manusia terlalu menuntut lebih dari apa yang tersedia di alam. Hingga muncul hasrat untuk mengeksploitasi kandungan gumuk. Tindakan tersebut memang tidak lepas dari terkikisnya kesadaran dan kepedulian manusia terhadap lingkungannya.

joko |

Pemuda yang sudah terancam diwisuda.

blog comments powered by Disqus