Ancaman Tambang Di Taman Wisata Alam Bulusaraung

Sen, 30 Jan 2017 20:37 WIB

  Foto fotonovela Berita

 lombafotonovelawartahijau

iqbal

 Pemandangan dari puncak kawasan wisata alam Bulusaraung kabupaten Pangkep Sulsel, Kamis 04 Desember 2014. Salah satu tujuan wisata alam di Sulsel ini tidak terurus akibatnya aktifitas penebangan liar dan perdagangan kayu illegal semakin marak.

Ancaman Tambang Di Taman Wisata Alam Bulusaraung

Pagi itu (kamis, 4 Desember 2014) pak Ilham (58) mengangkat cangkul untuk menggemburkan lahan sawah di Desa Tondong Tallasa, Kabupaten Pangkep. Kawasan yang tepat berada di area kawasan Wisata taman Bulusaraung. Dengan luasan yang membentang seluas 4.500 hektare Memang sebgaian di manfaatkan warga sebagai tempat tinggal dan lahan pertanian.



    Sayangnya lahan itu dirasakan warga tak seluas dulu lagi dengan adanya aktifitas tambang dan penemabangan hutan liar. "Lahan pertanian kami tak lagi seluas beberapa tahun lalu, karena masuknya penambang dan penebang hutan" ujar ilham. Penambangan semakin membabi buta tanpa ada kontrol dari pemerintah setempat. Hal ini mengancam kondisi kawasan wisata dan ekosistem warga sekitaran kawasan lam  alam tersebut.

Naskah dan Foto : Iqbal Lubis

 

Sejumlah  anak melintas di dekat tugu Penanda kawasan wisata alam Bulusaraung kabupaten Pangkep Sulsel, Kamis 04 Desember 2014. Salah satu tujuan wisata alam di Sulsel ini tidak terurus akibatnya aktifitas penebangan liar dan perdagangan kayu illegal semakin marak.

Aktifitas tambang batu bara dikawasan Desa batu bara, kabupaten Pangkep, kemarin kamis (412). Aktifitas tambang batu bara yang berada di kawasan taman wisata alam Bulusaraung ini sebgaian besar mengganggu aktifitas pertanian warga dan belum ada perhataian pemerintah setempat

 

iqbal |

Seorang wartwan foto yang bekerja untuk TEMPO inti media.

blog comments powered by Disqus