Keindahan Obyek Wisata Mustika Pancer Terancam Aktivitas Tambang

Kam, 24 Nov 2016 10:12 WIB

  Berita

 banyuwangi desa sumberagung banyuwangi pantai mustika pantai mustika banyuwangi pesanggaran wisata wisatawan lokal

banyuwangi

Pembukaan lahan pertambangan menjadikan pengunjung Pantai Mustika, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran tidak nyaman, beberapa bagian hutan pada perbukitan nampak gundul. Warna hijau dedaunan berganti jadi cokelat tanah liat. (Mohammad Khoim/Warta Hijau).

Oleh : Mohammad Khoim

Warta Hijau - Pantai Mustika Pancer Banyuwangi merupakan salah satu kawasan objek wisata yang terdapat di antara Pantai Pulau Merah dan Pantai Pancer Banyuwangi,  tepatnya di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi.

Beberapa meja dan kursi tertata rapi di pinggir pantai. Warung- warung makanan yang terjejer rapi, menjadikan pantai ini cukup nyaman untuk bersantai bersama keluarga. Pantai Mustika juga memiliki ombak yang aman untuk bermain di tepi pantai, pengunjung secara langsung dapat menikmati panorama alam  pemandangan Gunung Tumpang Pitu dan Pulau Mustaka.

Namun, pemandangan kurang nyaman dirasakan para pengunjung pantai. Beberapa bagian hutan pada perbukitan nampak gundul. Warna hijau dedaunan berganti jadi cokelat tanah liat.

Menurut Agung Subastian, wisatawan lokal asal Banyuwangi, pantai mustika sangat cocok untuk wisata dan tempat refreshing bersama keluarga, namun sangat menyayangkan adanya pemandangan yang kurang sedap.

“Sangat disayangkan, pemandangan perbukitan di sekitar pantai yang harusnya hijau dedaunan menjadi gundul kecokelatan,” kata Agung, saat berkunjung di Pantai Mustika, Kamis (24/11/2016).

Selain wisatawan lokal Banyuwangi, terdapat juga wisatawan dari luar Kabupaten Banyuwangi  yang menyayangkan hal sama seperti Agung.

“Bagus, sebenarnya Pantai Mustika indah dengan view menawan, namun menjadi tidak indah ketika melihat dan mengamati bukit di seberangnya, yang menurut banyak orang sedang sedang ada aktivitas penambangan emas,” Kata Nisrina, wisatawan asal Yogyakarta.

Nisrina juga berharap, Pantai Mustika tidak tercemar oleh aktivitas penambangan emas yang merusak alam.

No Author

Sorry, there is something wrong.

blog comments powered by Disqus